SEPUTAR INFO INDONESIA

Sumber Referensi Terbesar Dan Terpercaya


Apa itu Asuransi Kesehatan?


Seputar Info – Masyarakat Indonesia pertama kali mengenali istilah asuransi pada zaman penjajahan Belanda. Rencana yang di gunakan Belanda agar mengadaptasi ide penanggulangan resiko dari negara-negara Eropa dan juga untuk kepentingan bisnis. Setelah merdeka, Indonesia juga berinisiatif melanjutkan gagasan asuransi yang di nilai sangat signifikan untuk masyarakat Indonesia. Perkembangan zaman semakin maju dan asuransi di bagi menjadi beberapa jenis salah satunya asuransi kesehatan.

Berikut Jenis Asuransi Kesehatan

Terdapat 6 jenis asuransi kesehatan berdasarkan dengan tingkatnya

  1. Asuransi Berdasarkan Jenis Perawatan
    Jenis perawatan asuransi juga dibagi menjadi dua yaitu:
    *. Asuransi Rawat Inap yaitu asuransi yang mengcover sejumlah biaya rumah sakit, obat, layanan operasi, layanan dokter, dan juga hingga persalinan.
    *. Asuransi Rawat Jalan yaitu asuransi jenis ini biasanya perawatan bersifat mencegah seperti konsultasi kepada dokter, perawatan demam, pengecekan badan, dan sebagainya.
  2. Asuransi Berdasarkan Pihak Tertanggung
    Pihak yang di tanggung biasanya bersifat individu ataupun kelompok. jika untuk individu biaya obat atau penanggungan kesehatan hanya di tunjukan untuk satu orang dan yang bisa mengklaim asuransi tersebut hanya yang bersangkutan sedangkan asuransi kelompok, pengklaiman bisa di lakukan oleh keluarga, perusahaan, ataupun wali yang sudah tertera dalam asuransi kelompok
  3. Asuransi Berdasarkan Jumlah Dana Yang Ditanggung
    Dalam jenis asuransi ini, ada jenis penanggungan oleh perusahaan juga mengcover semua pengobatan biaya rumah sakit dan ada juga penangunggan asuransi yang standart, jadi untuk biaya pengobatan yang tertentu saja. Asuransi yang ini harus memiliki kesepakatan dari dua belah pihak
  4. Asuransi Berdasarkan Keikutsertaan Anggota
    Asuransi ini biasanya terlibat oleh perusahaan dan anggota karyawan, biasanya kalau sebuah perusahaan ingin mengikutkan anggotanya mengikuti asuransi. Sebuah perusahaan akan melakukan pemotongan gaji dan juga harus diketahui oleh karyawannya apakah dengan sukarela mengikuti asuransi tersebut ataupun tidak, dan perusahaan tidak boleh memaksa anggota tersebut karena asuransi ini tidak terikat.
  5. Asuransi Berdasarkan Pembayaran Ganti Rugi
    Asuransi ganti rugi juga di bagi menjadi dua
    *.Pembayaran langung disebut juga dengan sistem cashless, anggota keluarga hanya menunjukkan kartu keluarga kepada perusahaan asuransi maka biaya pengobatan akan di tanggung oleh perusahaan asuransi. Jadi si pemegang polis bisa langsung mengklaim dana yang dimilikinya.
    *.Pembayaran berganti atau disebut sistem reimbursement, jenis asuransi ini sedikit rumit karena juga ingin mengklaim asuransinya harus melakukan deposit terlebih dahulu, jadi setelah rumah sakit memberikan struk biaya kepada anda baru anda bisa mengklaimnya di perusahaan asuransi.
  6. Asuransi Berdasarkan Pengelola Dana
    Biasanya dana ini di kelolah oleh perusahaan swasta dan pemerintah. Asuransi yang di kelolah pemerintah biasanya untuk program pelayanan masyarakat dan membantu pengobatan agar meringankan biaya masyarakat. Sedangakan asuransi yang dikelolah perusahaan swasta adalah berupa produk kesehatan yang dijadikan sebagai bisnis untuk mendapatkan keuntungan dan sudah tidak heran jika perusahaan mengelolah asuransi tersebut lebih variatif dan unggul.

Nah, begitulah beberapa jenis asuransi kesehatan. Apakah anda sudah berfikir untuk masuk ke perusahaan asuransi? karena jika sudah masuk di perusahaan asuransi berarti anda sudah merencanakan finansial jangka panjang loh, jika sudah mengerti dengan asuransi dapat meringankan beban anda dalam kesehata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SEPUTAR INFO INDONESIA Sumber Referensi Terbesar Dan Terpercaya © 2017 Frontier Theme