SEPUTAR INFO INDONESIA

Sumber Referensi Terbesar Dan Terpercaya


5 Makanan Pahit yang Sehat Untuk Tubuh

Seputar Info – Siapa yang tidak suka makanan manis? apalagi makanan yang gurih dan terlihat sangat nikmat jika masuk kemulut. Nah, bagaimana kalau mekanan yang pahit?.

Makanan pahit sangat di benci oleh banyak orang dikarenakan tidak enak untuk di santap, rasanya begitu pahit. Tapi tahukah anda makanan pahit itu memiliki banyak kasiat untuk tubuh?

Akan kami kenalkan 5 makanan pahit yang sehat untuk tubuh.

1.Pare

Mendengan namanya saja sudah pasti tahu bertapa pahitnya sayur satu ini. Memang pare adalah sayur yang sangat pahit tetapi tahukah anda sayur pare kaya akan antioksidan?.
Sayur pare di percaya dapat mencegah serangan radikal bebas penyebab penyakit kronis sehingga dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung dan diabetes.

Pare juga memiliki zat fitokimia, seperti triterpenoid, polifenol, dan flavonoid, yang mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

2.Kulit Jeruk

Buah jeruk sangatnya di sukai oleh peminatnya dikarenakan memiliki rasa manis dan asem serta menyegarkan, buah jeruk sendiri memiliki Vitamin C yang tinggi serta serat yang cukup tinggi untuk tubuh.
Tetapi banyak dari orang yang tidak tahu bahwa kulit jeruk serta serabut jeruk yang biasanya di buang oleh orang saat mengkonsumsi buah jeruk memiliki banyak manfaat untuk tubuh di karenakan mengandung antioksidan flavonoid, khususnya jenis hesperidin dan naringin di dalamnya.

Mengkonsumsi kulit jeruk atau serabut pada jerung dapat memperkuat kekebalan tubuh dan membuat tubuh terhindar dari penyakit yang ingin menyerang. Jadi meski tidak suka dengan kulit jeruk dikarenakan pahit, cobalah konsumsi serabut pada jeruk bersamaan dengan buahnya dikarenakan serabut jeruk sangatlah bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh kita.

3.Sayuran Cruciferous

Untuk yang tidak tahu sayuran cruciferous adalah beberapa jenis sayuran hijau seperti brokoli, kol, kembang kol, pakcoy, lobak, dan sawi hijau. Tentu sayuran ini banyak yang menyukainya dikarenakan kadar pahit dalam sayur-sayuran ini jarang memiliki rasa pahit atau tidak sama sekali memiliki rasa pahit.

Mengapa sayuran tersebut memiliki rasa pahit dikarenakan sayuran mengandung senyawa glucosinolates yang bertanggung jawab memberi rasa pahit dan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Sayur Crucuferous sendiri juga dilengkapi dengan fitonutrien yakni antioksidan dari kelompok flavonoid, carotenoid, dan sulforaphane. Semua zat alami ini bermanfaat membantu kinerja hati dan menetralkan racun sekaligus dan membantu mengurangi zat-zat berbahaya yang masuk ketubuh.

4.Bubuk Kakao

Bahan dasar yang biasanya digunakan untuk membuat coklat atau produk kue coklat lainnya, meski bubuk kakao identik dengan rasa tawar dan pahit banyak ragam manfaat kesehatan yang anda dapatkan secara gratis dari makanan ini.

Dalam sebuah penelitian Frontiers in Bioscience, menjelaskan bubuk kakao memiliki sejumlah polifenol dan antioksidan yang dapat melindungi fungsi pada jantung, melebarkan pembuluh darah, dan membantu mengurangi peradangan.

Bubuk kakao juga memiliki nutrisi yang sangat banyak seperti Mineral tembaga, mangan, magnesium, serta zat besi yang bagus untuk kesehatan.

5.Teh Hijau

Yang pernah minum teh hijau pasti sudah tau rasanya yang pahit dan sedikit kecut, teh hijau sendiri adalah satu dari beberapa jenis teh yang diproses dengan sekali penyaringan, sehingga memiliki warna yang cenderung berwarna hijau terang. Rasa pahit alami yang terkandung di teh hijau berasal dari kandungan katekin dan polifenol yang sangat kuat, terutama epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

Khasitnya yang terdapat didalam teh hijau sangatlah besar untuk kesehatan tubuh loh. Dari yang bertindak sebagai antioksidan serta antiradang dan juga memerangi serangan radikal bebas, hingga dapat mencegah risiko penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SEPUTAR INFO INDONESIA Sumber Referensi Terbesar Dan Terpercaya © 2017 Frontier Theme