SEPUTAR INFO INDONESIA

Sumber Referensi Terbesar Dan Terpercaya


Peringatan Penting !!! Terkadang Diremehkan “Di Ingat – Ingat Saat Terbang Ya ” | SEPUTAR INFO

Seputar Info – Cerita ini saya kutip dari sebuah tajuk di sebuah medsos sebagai peringatan penting tapi sering kita abaikan,pastinya sudah sering naik pesawat kan?

Tapi pasti kebanyakan orang belum tau alasan kenapa waktu take off sama sewaktu landing, pramugari selalu meminta tegakkan sandaran kursi, tray table nya harus di tutup, penutup jendela harus di buka,

Lalu yang duduk di bagian sebelah pintu, harus free dari semua tas dan lain – lain.

Alasannya adalah karena 90% kecelakaan pesawat terjadi saat melakukan take off dan landing, sehingga di sebut juga ” Critical Eleven “, 90% kecelakaan terjadi di 8 menit setelah take off dan landing.

Dan di saat itu terjadi, penumpang cuma punya waktu 90 detik buat keluar dari pesawat, kalau tidak keluar dengan secepatnya penumpang yang berada di dalam akan mati karena berbagai hal,dari smoke inhalation atau kekurangan Oxygen atau pesawat sinking incase off ditching ( water landing ).

Satu emergency exit di cabin, di desain buat evacuate sekitar 65 orang dalam waktu 1.5 menit itu.

Tegakin sandaran apabila di saat panik bisa menghabiskan waktu 10 detik, dan di saat evacuation 1 detik itu sudah masalah hidup dan mati.

Bolehkan untuk menegur jika penumpang di depan kita, tidak menegakkan sandaran kursinya? ya, bisa.. karena di saat ada emergency landing, yang bakalan kena dampak adalah orang yang duduk di belakang.

Karena bakal trapped ( terjebak ) dan ngk ngak bisa keluar dari kursi,sedangkan penumpang di depan itu, pasti akan lari keluar secepat mungkin, supaya bisa selamat.

Bukan cuma itu, dalam penerbangan di malam hari, lampu cabin pasti di redupkan, alasannya sama, karena dalam waktu 90 detik semua penumpang harus keluar, maka tidak ada waktu yang boleh terbuang.

Disaat mata terbiasa melihat terang, kemudian lampu mati, pasti butuh beberapa waktu supaya mata bisa beradaptasi lagi di saat ada emergency landing.

Taukah anda apa alsannya penutup jendela harus di buka, Ditranding pilot dan pramugari ada kelas yang namanya “CRMC “ini adalah kelas tentang komunikasi.

Karena 70% lebih kecelakaan pesawat terjadi karena kurang komunikasi antara semua orang yaitu, antara pramugari, pilot maupun penumpang.

Kaca di buka supaya penumpang bisa melihat keadaan luar, contohnya ada kebakaran sayap, kapten tidak dapat melihat, ada kemungkinan penumpang akan melihat dan akan memberikan info secepatnya pada petugas pramugari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SEPUTAR INFO INDONESIA Sumber Referensi Terbesar Dan Terpercaya © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!